Saqid Khan Pertahankan Kursi Walikota London

Reporter: Budi Haryono 09 Mei 2021

beritafoto.net - Walikota Muslim pertama di London, Sadiq Khan, berhasil mempertahankan kursinya untuk periode kedua.

Khan yang merupakan politisi Partai Buruh dinyatakan memenangkan pemilihan ulang sebagai Walikota London pada Sabtu (8/5), meski berbeda tipis dari lawannya Shaun Bailey yang konservatif.

Berdasarkan jajak pendapat pada Kamis (6/5), Khan memperoleh 977.601 suara dari lebih 1,2 juta suara yang ada. Namun jumlah pemilih lebih rendah dibanding pemilu sebelumnya, yaitu 42 persen.

Dikutip AFP, kemenangan Khan untuk kedua kalinya setelah 2016 menjadi titik terang bagi Partai Buruh yang telah banyak kehilangan dari pemilu daerah lainnya.

Dalam pidato kemenangannya, Khan mengatakan ia akan fokus untuk membangun jembatan antar komunitas selama jabatannya yang kedua, termasuk antara balai kota dan pemerintah pusat.

Ia juga menyatakan ingin memastikan London untuk memainkan peran dalam pemulihan nasional Covid-19, serta membangun masa depan yang lebih hijau dan lebih cerah.

Dengan janjinya, Khan juga akan menawarkan lapangan pekerjaan, hingga mempertahankan London sebagai kota teratas dunia sembari mengatasi krisis dan dampak dari Brexit.

Khan sendiri dikenal sebagai kritikus yang vokal terhadap Brexit.

Khan adalah walikota ketiga London setelah Labour's Ken Livingstone pada 2000 hingga 2008, dan Boris Johnson pada 2008 hingga 2016. Banyak pihak yang berspekulasi Khan akan mengikuti jejak Johnson ke Downing Street.--bi