Perppu Tentang Pembubaran Ormas Diterbitkan

Reporter: Budi Haryono 12 Juli 2017

Jakarta - Beritafoto.net. Pemerintah resmi mengeluarkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang pembubaran ormas radikal di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (12/7).

Menkopolhukam Jenderal (Purn) TNI Wiranto dalam pemaparannya menegaskan bahwa perppu ini bukan merupakan bentuk kesewenang-wenangan pemerintah. Sebaliknya, perppu ini dikeluarkan demi merawat kesatuan bangsa dan menjaga eksistensi yang sedang membangun persaingan yang sangat ketat.

"Jadi bukan tindakan kesewenang-wenangan pemerintah. Bukan juga untuk mengancam kebebasan ormas untuk melakukan kegiatan keormasan," katanya.

Selain itu, mantan Ketua Umum Partai Hanura itu menyebut bahwa pemerintah juga tidak bermaksud mendiskreditkan apalagi mencederai ormas Islam. Ia memastikan bahwa Perppu Ormas sepenuhnya diarahkan demi kebaikan.

"Jangan ada tuduhan pemerintah dengan berhadap-hadapan dengan umat Islam. Sekali lagi ini untuk merawat eksistensi," pungkas Wiranto.

Perppu 2/2017 tentang perubahan atas UU 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan ini diterbitkan untuk memberdayakan dan membina ribuan ormas yang ada di Indonesia. Salah satunya, agar tidak bertentangan dengan ideologi negara, Pancasila. --rp