Mulai Pukul 00.00 Penyekatan Dilakukan

Reporter: Budi Haryono 05 Mei 2021

beritafoto.net - Pemerintah resmi melarang semua kalangan untuk mudik Lebaran 2021 , dimulai pada 6-17 Mei 2021. Adapun larang mudik Lebaran dilakukan untuk menekan meluasnya kasus Covid-19 yang mungkin terjadi setelah mudik.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati menegaskan, mulai pukul 00.00 WIB dini hari nanti penyekatan -penyekatan sudah akan dilakukan.

“Pihak kepolisian sudah mulai melakukan penjagaan dan melakukan screening kepada para penumpang yang akan melakukan perjalanan. Jika nantinya mereka memang memenuhi syarat, itu boleh jalan lagi,” ujarnya dalam acara InspirAksi secara virtual, Rabu (5/5/2021).

Adita menjelaskan, selama tanggal 6 – 17 Mei akan dilakukan penyekatan seperti itu. Termasuk juga semua petugas di bandara, stasiun, dan terminal juga akan dibekali pemahaman terkait siapa saja yang boleh melakukan perjalanan.

“Nanti semua petugas di bandara, stasiun, dan kemudian di terminal juga akan dibekali pemahaman bahwa hanya masyarakat yang memenuhi syarat yang boleh melakukan perjalanan. Kalau tidak bisa memenuhi itu, mohon maaf harus pulang,” kata dia.

Lanjutnya, ada beberapa yang masuk ke dalam kategori yang diperbolehkan melakukan perjalanan. Yakni adalah orang yang memang pergi karena tugas dan juga memiliki surat tugas resmi.

“Baik itu pegawai swasta, BUMN, maupun karyawan di perusahaan itu masih boleh melakukan perjalanan asal punya surat tugas. Surat tugas dari kantor itu harus dibawa, kemudian harus bisa ditunjukkan kepada petugas. Di samping dokumen negatif Covid itu juga wajib, itu mandatori,” ujar Adita.--sn, bi