Kejuaraan BMX International C1 Menunggu Izin

Reporter: Budi Haryono 06 April 2021

beritafoto.net - Baru terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) periode 2021 - 2025, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo sudah mendapat tugas berat. Dia diharapkan bisa memperjuangkan agar kejuaraan balap sepeda internasional BMX yang merupakan kualifikasi olimpiade itu mendapat izin digelar di Indonesia.

Sesuai dengan kalender Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI) seperti dirilis dalam laman resminya, Indonesia dijadwalkan menggelar dua seri kejuaraan internasional BMX pada 10-11 April di Jogyakarta. Dua seri tersebut berkategori Class One (C1). Sebelumnya juga akan digelar Kejuaraan Nasional balap sepeda pada 9 April.

Menurut Ketua Umum PB ISSI periode 2019-2023, Raja Sapta Oktohari (RSO), kejuaraan tersebut diharapkan bisa mendapat izin penyelenggaraan demi memperbesar peluang atlet BMX Indonesia lolos ke Olimpiade Tokyo. Namun hingga saat ini PB ISSI masih menanti izin penyelenggaraan serta membahas kemungkinan penerimaan peserta dari luar negeri

“Kami sebetulnya sudah ada agenda tujuh hari dari sekarang, ada event balap sepeda di Jogyakarta. Kami sedang memperjuangkan untuk event kualifikasi Olimpiade agar bisa dilaksanakan dan itu merupakan event selama 2-3 hari berturut-turut,” kata RSO.

Ketua Umum baru PB ISSI, Listyo Sigit Prabowo, diharapkan bisa memperjuangkan agar kejuaraan kualifikasi balap sepeda tersebut bisa digelar di Indonesia. “Hasil dari kejuaraan ini nantinya untuk memompa peluang dari atlet BMX agar bisa qualified untuk ke Olimpiade Tokyo. Jadi ini sedang diperjuangkan PB ISSI,” ujar RSO seperti dilansir antaranews.com.

Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo sebelumnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) periode 2021-2025 dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta, Sabtu. Ketua Steering Committee Munaslub PB ISSI Jadi Rajagukguk menyebut penetapan Listyo Sigit sebagai ketua umum sudah memenuhi syarat, termasuk telah mengantungi dukungan dari 34 pengurus provinsi (Pengprov).

Sebelum ditetapkan sebagai ketua umum PB ISSI, Listyo Sigit kini juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) 2020-2024 di bawah kepemimpinan Ketua Umum Agung Firman Sampurna.--sk, bi