Hanya Bulutangkis, Angkat Besi dan Panahan

Reporter: Budi Haryono 09 Agustus 2021

Olimpiade Tokyo sudah berakhir, tetapi kontingen Indonesia sudah pulang separuh jalan. Tak ada penjelasan mengapa Indonesia terperosok ke peringkat 55, sungguh prestasi yang menurun selama mendapatkan medali emas di pesta olahraga akbar se jagad itu. Tetapi siapa peduli, ranking itu tak mendapatkan perhatian, kegagalan selalu diabaikan dan tak ada evaluasi.

Bulutangkis bersyukur Greysia dan Apriani menyumbang satu medali emas, sehingga merah-putih berkibar, masih ada yang dibanggakan. Pantas saja pasangan ini kemudian mendapatkan bonus dari berbagai pihak, dan membuat perhatian internasional. Pasangan ini yang menahan laju Indonesia tidak terperosok lebih dalam. Kalau saja pasangan Greysia/Apriani gagal, Indonesia akan terpuruh di peringkat 70.

Sebenarnya dari delapan cabang olahraga yang berangkat ke Tokyo, hanya tiga yang pantas berlaga di ibu kota Jepang itu adalah Bulutangkis, angkat besi dan panahan. Ketiganya punya sejarah medali di Olimpiade, dan panahan memang belum menyumbangkan medali tetapi dari hanya peringkat bisa dilihat masih cukup menjanjikan. Ega misalhnya di menang sekali meski gagal di 16 besar, Arek Suroboyo ini bersama Nisa juga menempati peringkat 7 mix. Sayang di cabor panahan diwarnai dengan perselisihan yang tak kunjung usai, sehingga persiapannya menjadi tersendat.

Cabor lainnya masih jauh untuk masuk ke babak kedua, dan kalah di babak penyisihan. Zohri yang digadang-gadang untuk menembus final dengan rekornya 10,03 detik gagal di penyisihan, waktunya hanya 10,36 detik dan di peringkat 5 heat. Kelak mesti lebih ketat lagi untuk memberangkatkan atlet, meski dapat tiket Olimpiade. Ini pesta besat bung, tidak bisa hanya berpartisipasi dan cuma sekadang cari pengalaman.

BULUTANGKIS
Greysia Polii/Apriani Rahayu - Medali Emas
AS Ginting - Medali Perunggu
AHSAN Mohammad/SETIAWAN Hendra - Rank 4
JORDAN Praveen/OKTAVIANTI Melati Daeva -- Rank 5
CHRISTIE Jonatan -- Rank 9
TUNJUNG Gregoria Mariska -- Rank 9
GIDEON Marcus Fernaldi/SUKAMULJO Kevin Sanjaya -- Rank 5

ANGKAT BESI
Eko Yuli Irawan -- Medali Perak
Rahmad Erwin Abdullah - Medali Perunggu
Windi Cantika Aisah - Medali Perunggu
Nurul Akmal - Rank 5
Deni - Rank 9

PANAHAN
Riau Agartha Salsabila/Chorunisa Diadanda - Rank 7
Riau Agatha Salsabila - 16 Besar
Riau dan tim -- Rank 9
DWI PANGESTU Arif -- Rank 33
PRASTYADI Alviyanto --

ROWING
PUTRI Mutiara - Lightweight Women's Double Sculls -- Rank 17
PUTRI Mutiara - Lightweight Women's Double Scull -- Rank 17

RENANG
PERMATAHANI Azzahra 400 M Gaya Ganti - Gak Ada rank
PRAWIRA Aflah 400 M Gaya Bebas -- Gak Ada Rank

ATLETIK
TEHUPEIORY Alvin -- Tak Lolos
ZOHRI Lalu Muhammad -- Tak Lolos

SURFING
WAIDA Rio -- Rank 9

Menembak
TOYYIBA Vidya Rafika Rahmatan -- Rank 17