Vinales Juara di Australia

Reporter: Budi Haryono 28 Oktober 2018

Beritafoto.net - Pembalap Yamaha Maverick Vinales menjadi yang tercepat di MotoGP Australia 2018. Pembalap asal Spanyol itu sukses menyudahi perlawanan Andrea Iannone yang menguntitnya hingga lap terakhir di Sirkuit Phillip Island, Minggu (28/10/2018).

Vinales sekaligus mengakhiri 25 lomba tanpa kemenangan beruntun MotoGP untuk Yamaha dengan penampilan dominan di Phillip Island, yang ditandai insiden tabrakan Johann Zarco yang menyundul bagian belakang tunggangan Marc Marquez.

Kemenangan Vinales tak lepas dari strateginya yang cepat keluar dari kerumunan untuk memimpin di lap 6, melesat dengan jarak 1,5 detik. Dia sempat turun dari posisi kedua menjadi 10 pada lap pembuka tetapi kembali ke depan dan secara bertahap menjadi terdepan.

Sukses ini merupakan yang pertama bagi Vinales dan Yamaha musim ini. Tim tanpa kemenangan sejak di lomba Assen tahun lalu. Sedangkan bagi Vinales sejak di Le Mans.

Vinales mencatat waktu tercepat 40 menit 51,081 detik. Andrea Iannone yang sempat tercepat di sesi pemanasan, harus puas di posisi kedua. Pembalap Suzuki itu tertinggal 1,543 detik dari Vinales. Sedangkan Andrea Dovizioso dari Ducati di tempat ketiga setelah tertinggal 1,832 detik.

"Rasanya luar biasa, ini tahun yang sulit bagi saya, saya tidak percaya saya menang," kata Vinales dilansir Reuters. "Motor itu sempurna hari ini. Ketika saya melewati batas, ada air mata di mata."

Valentio Rossi saingan utama Dovizioso untuk tempat kedua dalam kejuaraan, di peringkat 6 dengan di bawah Alvaro Bautista (Ducati) dan Alex Rins (Suzuki). Sementara Juara dunia MotoGP 2018 Marc Marquez gagal finis di MotoGP Australia 2018. Pembalap Honda itu ditabrak Johann Zarco  (Tech3 Yamaha) di  Turn 1 saat lomba menyisakan 22 lap. Zarco terpental sementara Marquez meski bertahan, namun harus keluar dari lomba. --bi