Suromadu Kini Gratis

Reporter: Budi Haryono 27 Oktober 2018

Beritafoto.net - Presiden memutuskan untuk mengubah status Jembatan Surabaya-Madura atau Suramadu menjadi jalan umum, dari sebelumnya jalan tol. Artinya lewat jembatan tersebut mulai hari ini gratis.

Dikutip dari akun Instagram PT Jasa Marga, Sabtu 27 Oktober 2018, hal itu dilakukan untuk membuka akses dari bagi seluruh masyarakat secara gratis yang ingin melewati jalur tersebut.

Seperti diketahui, saat ini Jembatan Tol Suramadu menjadi satu-satunya penghubung jalur darat Surabaya dan Madura. Akses lainnya yang bisa digunakan hanyalah tersedia melalui jalur laut.

Jasa Marga pun menegaskan, pembebasan tarif Jembatan Tol Suramadu ini, merupakan bagian dari komitmen pemerintah dan BUMN untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Sebagai informasi, jembatan ini memiliki panjang 5.438 meter dan merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan itu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini diresmikan pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003, dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009.--bi