Roma Hentikan Barca, Valverde: Ini Hari Buruk

Reporter: Budi Haryono 11 April 2018

Roma - beritafoto.net. AS Roma mencetak comeback luar biasa ketika menghajar Barcelona 3-0 di leg kedua perempat final Liga Champions 2017/2018. Dengan hasil itu, Barcelona tersingkir melalui agregat 4-4, kalah produktivitas gol kandang.

Tampil di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (11/4/2018) dini hari WIB, Roma langsung mengambil inisiatif menyerang. Mereka mengejar agregat 4-1 usai dipermalukan di leg pertama di markas Barcelona tengah pekan lalu.

Pada menit ke-6, AS Roma sukses membuka keunggulan di pertandingan tersebut. Gol Edin Dzeko memanfaatkan umpan Daniele De Rossi berhasil membuat Roma unggul cepat.

Di sisa babak pertama, Lionel Messi dan Luis Suarez mencoba membalas gol tersebut. Namun, hingga babak pertama berakhir skor tetap 1-0 untuk keunggulan Roma. Namun, mereka masih harus kerja keras karena agregat kini masih 2-4 untuk keunggulan Barcelona.

Setelah turun minum, AS Roma meningkatkan intensitas serangan mereka. Hasilnya, Daniele de Rossi mencetak gol kedua Roma di pertandingan tersebut dari titik putih di menit ke-58. Gol tersebut semakin mendekatkan Roma dengan tiket semifinal. 

Petaka bagi Barcelona terjadi di menit 82. Memanfaatkan umpan Cengiz Under, Konstantinos Manolas kembali merobek gawang Barcelona yang meruntuhkan mental Blaugrana. Papan skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Serigala Roma.

Sisa pertandingan dimanfaatkan Barcelona untuk menekan lini bertahan Roma guna mencetak gol. Sayangnya, Roma berhasil mempertahankan gawang mereka tidak kebobolan.

Dengan hasil 3-0, AS Roma berhak melaju ke semifinal sementara Barcelona tersingkir. Nainggolan Cs lolos dengan agregat 4-4 (setelah kalah 1-4 di leg pertama) unggul produktivitas gol tandang.

Gelandang Barcelona Sergio Busquets kecewa timnya gagal melaju ke semifinal Liga Champions Eropa.

"Sangat sedih, apalagi jika melihat kami memimpin setelah leg pertama. Malam ini berjalan buruk dan mereka unggul segalanya," kata pesepak bola 29 tahun menngutip dari laman resmi UEFA, Rabu (11/4).

Pelatih Barca Ernesto Valverde membenarkan ucapan anak asuhnya. Ia melihat Roma berani menekan di semua lini. "Hari yang buruk bagi kami," ujarnya.

Kapten AS Roma Daniele De Rossi tidak dapat menyembunyikan kegembiraan usai timnya lolos ke semifinal Liga Champions Eropa musim ini.

"Salah satu hari terindah dalam karier saya," kata De Rossi mengomentari hasil positif timnya kepada Mediset Premium mengutip dari Football Italia, Rabu (11/4).

Sang kapten memuji taktik pelatih Eusebio Di Fransesco. Sang allenatore memasang tiga bek dan menempatkan lebih banyak penggawa Roma di tengah dan depan.

Penyerang La Maggica, Edin Dzeko juga mengapresiasi formula baru Di Fransesco. Dengan pakem 3-4-1-2/3-5-2, Roma menekan Barca sepanjang pertandingan.

"Ini pertama kalinya kami bermain dengan tiga pemain belakang, dan kami melakukan yang terbaik. Saya sangat senang dengan sistem ini," ujarnya.

Di Fransesco menurunkan Dzeko berdampingan dengan Patrik Schick. Dua striker tersebut didukung Radja Nainggolan. Nama ketiga juga menjaga keseimbangan di lini tengah bersama De Rossi dan Kevin Strootman.

Bek tengah Kostas Manolas menyinggung peran Romanisti. Teriakan pendukung di Olimpico memacu semangat para penggawa Roma. Musim ini, Roma belum kebobolan ketika mentas di rumah sendiri pada ajang Liga Champions.

"Kami membuktikan, dengan penggemar di belakang kami, tidak ada yang bisa mengalahkan kami," ujar Manolas.--sd, bi