Prancis Lolos ke Semifinal

Reporter: Budi Haryono 06 Juli 2018

Beritafoto.net. Timnas Prancis lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 setelah mengandaskan Uruguay, 2-0. Hanya beberapa langkah lagi Les Bleus bisa mengulang sukses menjadi kampiun seperti yang pernah diraih pada 1998.

Timnas Prancis layak disebut sebagai tim penakluk wakil Amerika Selatan di Piala Dunia 2018 setelah mereka membungkam tiga tim asal zona Conmebol tersebut dalam perjalanan ke semifinal.

Wakil Amerika Selatan pertama yang dihajar oleh Prancis adalah Peru di babak penyisihan Grup C. Prancis menjalani duel yang sangat ketat melawan Peru.

Paolo Guerrero dan kawan-kawan berhasil menyulitkan Les Bleus namun skuat asuhan Didier Deschamps mampu mengakhiri laga dengan kemenangan 1-0 lewat gol tunggal Kylian Mbappe.

Setelah menyudahi babak penyisihan dengan status juara grup, Prancis lalu berjumpa Argentina di babak 16 besar. Menghadapi Lionel Messi dan kawan-kawan, Prancis berhasil tampil impresif.

Dalam duel ketat dan kedua tim bergantian unggul, Prancis akhirnya memastikan kemenangan dengan skor 4-3. Kylian Mbappe jadi bintang dengan dua gol yang dicetaknya di laga tersebut.

Tim wakil Amerika Selatan terakhir yang ditaklukkan Prancis adalah Uruguay di babak perempat final. Meski sempat kesulitan membongkar pertahanan Uruguay di awal laga, Prancis sukses menyudahi laga dengan skor 2-0. Gol Raphael Varane dan Antoine Griezmann menamatkan perlawanan Uruguay di laga ini.

Keberhasilan Prancis menaklukkan tiga wakil Amerika Selatan membuat mereka menyamai catatan Belanda di Piala Dunia 1974 saat mereka menumbangkan tiga negara zona tersebut.

Di antara lima tim Conmebol yang lolos ke Piala Dunia 2018, hanya Kolombia yang tak akan mungkin lagi bisa dihadapi oleh Prancis. Untuk Brasil, Prancis masih punya peluang menambah daftar korban zona Conmebol bila Tim Samba mampu lolos ke semifinal.--bi