Prabowo-Sandi Didampingi Empat Putra Mantan Presiden

Reporter: Budi Haryono 10 Agustus 2018

Beritafoto.net - Pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendaftar ke KPU didampingi oleh putra dan putri mantan presiden RI. Empat putra-putri mantan presiden juga mendampingi saat Prabowo-Sandiaga menyampaikan pidatonya.

Keempatnya, yakni Rachmawati Soekarnoputri yang merupakan anak dari Presiden ke-1 RI Soekarno; putri Presiden ke-2 RI Soeharto Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto; dan dua putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambnag Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Keempat orang tersebut juga berada satu panggung dengan Prabowo dan Sandiaga Uno saat memberikan keterangan pers. Prabowo pun mengaku bangga dengan kehadiran mereka.

"Hari ini, ada putri presiden pertama RI dan putri presiden Kedua RI. Juga ada dua putra presiden Keenam. Saudara-saudara, ini merupakan kehormatan besar bagi saya," ujar Prabowo dalam keterangan persnya usai mendaftarkan diri di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Keberadaan empat orang tersebut tidak dapat dilepaskan dari dukungan parpol koalisi. Prabowo menyatakan dirinya dan Sandiaga diusung oleh empat parpol koalisi, yakni PKS, PAN, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra. Satu parpol peserta Pemilu 2019 juga memberikan dukungan, yakni Partai Berkarya.

Rachmawati merupakan politikus Gerindra, Titiek yang juga mantan istri Prabowo sekarang ini menjabat sebagai ketua DPP Partai Berkarya. Sementara AHY dan Ibas merupakan petinggi Partai Demokrat.

"Saya menitipkan harapan semua kader parpol yang ada di seluruh Indonesia. Kami menitipkan masa depan masyarakat Indonesia di pundak KPU," tegas Prabowo.

Sebelumnya, KPU menyatakan berkas pendaftaran pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno telah lengkap. Keduanya langsung dinyatakan berhak menjalani pemeriksaan kesehatan.
Kepala Biro Teknis dan Hukum KPU, Nur Syarifah, usai memeriksa berkas pendaftaran menyatakan semua syarat pencalonan Prabo-Sandiaga sudah lengkap. Dengan demikian, pendaftaran keduanya sudah bisa diterima.

“Selanjutnya, verifikasi syarat calon akan dilakukan oleh tim teknis," ujar Nur di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat.

Dia melanjutkan, Prabowo-Sandiaga bisa melanjutkan ke tahap pemeriksaan kesehatan. KPU menjadwalkan pemeriksaan kesehatan terhadap keduanya pada Senin (13/8).
Prabowo-Sandiaga pun datang menyusul rombongan tersebut tepat pukul 13.40 WIB. Tampak Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono datang bersamaan dengan rombongan Prabowo-Sandiaga. Setelah itu, hadir pula Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais di belakang rombongan.

Kedatangan Prabowo-Sandiaga langsung disambut oleh ketua KPU, komisioner KPU, ketua Bawaslu, dan para anggota Bawaslu. Pasangan tersebut melakukan proses pendaftaran sebagai pasangan bakal capres-cawapres Pemilu 2019 di lantai II Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, dengan didampingi oleh tim pendukungnya.

Prabowo dan Sandiaga adalah pasangan bakal capres-cawapres kedua yang datang mendaftar ke KPU pada Jumat. Sebelumnya, pasangan bakal capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin sudah lebih dulu mendaftarkan diri pada Jumat pagi. Pendaftaran Jokowi-Ma'ruf juga telah dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU.--rp, bi