Pakde Pimpin Pendaftaran Khofifah-Emil

Reporter: Budi Haryono 08 Januari 2018

Surabaya - beritafoto.net. Ketua DPD Demokrat Jatim Soekarwo dijadwalkan mengantarkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak mendaftar sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) ke KPU Jatim. Mereka direncanakan mendaftarkan pada Rabu, 10 Januari 2018.

Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio menuturkan, Pakde Karwo, panggilan akrab Gubernur Jatim itu akan ditemani sejumlah pimpinan parpol dan kiai sepuh di Jatim. Pasangan Khofifah-Emil dan para pendukungnya akan berangkat ke KPU Jatim dari Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Siwalankerto, Surabaya.

"Jadi Pakde Karwo  ingin mengantarkan secara langsung pasangan Khofifah-Emil mendaftar ke KPU Jatim," ujar Renville, Senin (8/1/2018).

Ia melanjutkan, sebelum berangkat ke KPU digelar terlebih dahulu prosesi khataman Alquran di Pondok Pesantren Amanatul Ummah. Semua rombongan pun akan bergerak bersama ke kantor KPU Jatim di hari terakhir batas pendaftaran Pilgub Jatim 2018.

Sampai saat ini pasangan Khofifah-Emil didukung oleh Demokrat, Golkar, NasDem, Hanura dan PPP. Termasuk PKPI, juga siap mendulangkan suara untuk pasangan Khofifah-Emil.

Renville juga optimistis bahwa PAN akan memberikan rekomendasinya ke pasangan tersebut. Sinyal merapatnya PAN ke Khofifah-Emil sudah didengar oleh kader partai pengusung dalam beberapa hari terakhir.
"Kami optimistis bahwa dukungan kepada Khofifah-Emil akan bertambah," jelas anggota DPRD Jatim ini.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Jatim Masfuk menuturkan, pihaknya saat ini belum bisa memberikan kepastian terkait dukungan. Sebab, DPW PAN Jatim masih belum mendapat informasi tersebut dari DPP PAN.

"Berita tentang dukungan ke Khofifah-Emil menarik, tapi saya masih belum dapat informasi itu, kita tinggal tunggu apa yang diputuskan oleh DPP seperti apa nantinya," jelasnya.

Mantan Bupati Lamongan itu juga menjelaskan kalau dirinya sampai detik ini belum mendapatkan penjelasan, dan belum mengambil sikap apapun terkait dukungan di Pilgub Jatim.

Dengan sisa waktu yang tinggal pendek, Masfuk bersikukuh masih punya waktu sekitar 30 jam ke depan untuk menentukan pilihan. Segala kemungkinan masih bisa terjadi di detik-detik akhir sebelum penutupan pendaftaran.--sd, bi