Ombak Pantai Delegan Aman untuk Anak

Reporter: Budi Haryono 12 Juli 2017

Pantai Dalegan memang belum begitu dikenal. Keindahan pantai di Kabupaten Gresik yang dibuka sejak 2005 itu pasirnya halus. Saat berwisata ke Wisata Bahari Lamongan (WBL),di sekitar hutan jati akan terlihat rambu bertuliskan Pantai Dalegan.

Pantai berpasir putih, ombaknya lembut sehingga aman untuk anak-anak. Pantai Dalegan masih perawan, belum tersentuh tangan-tangan pengusaha pariwisata. Namun warga desa sudah menatamenjadikan objek rekreasi itu dengan membuat gasebo, tempat duduk, hingga menyewakan ban.

Pantai Dalegan kurang diminati karena tidak dikemas sebagai objek wisata yang bisa mendatangkan uang. Aparat Desa Dalegan baru membenahi pada 2005 dengan membuat dermaga sederhana yang menjorok ke laut. Karcis masuk kas desa, sebagian untuk mengembangkan pantai.

Pemerintah Kabupaten Gresik belum ikut menangani, dan warga desa justru khawatir, jika diambil alih Pemda, uangnya tak banyak yang jatuh di desa.

10 Januari 2008 Pantai Pasir Putih Dalegan resmi berganti nama Wisata Segoro Indah Dalegan (WISID), dibuka mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 setiap hari. Pada hari biasa pengunjung rata-rata mencapai 200 orang dan hari Minggu atau hari libur sekitar 500 orang. --jtr