Milan-Juve di Final Coppa

Reporter: Budi Haryono 01 Maret 2018

Turin - beritafoto.net. Juventus diambang sejarah meraih trofi Coppa Italia empat musim beruntun setelah memastikan tiket final musim ini. Pasukan Massimiliano Allegri menyingkirkan Atalanta di semifinal setelah menang 1-0 pada leg kedua di Juventus Stadium, Rabu (28/2/2018) atau Kamis (01/3/2018) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Juventus unggul agregat 2-0 setelah pada leg pertama di markas Atalanta pada 30 Januari lalu juga unggul 1-0. Gonzalo Higuain dan kiper veteran Gianluigi Buffon menjadi pahlawan di laga itu. Higuan mencetak gol di  menit ketiga, sedangkan Buffon berhasil mementahkan penalti Papu Gomez.

Di final Juventus akan menghadapi AC Milan yang memastikan langkah ke final Coppa Italia. Mereka melaju setelah mengalahkan Lazio di semifinal.

Keberhasilan Milan itu diraih dengan susah payah. Mereka harus melakoni duel sengit dengan Lazio dan ditentukan oleh adu penalti.

Laga ini merupakan ulangan dari dua edisi sebelumnya, final 2016. Kala itu Milan kalah 0-1 dari Juventus. Mereka tumbang berkat gol Alvaro Morata pada injury time.

Donnarumma pun menyatakan siap membalaskan dendam dua musim lalu. Dia yakin Milan sekarang lebih siap dan lebih berpengalaman.

"Kami sekarang lebih punya pengalaman ketimbang dua tahun lalu. Saya masih belum bisa melupakan final itu dan ingin menuntut balas," tutur Donnarumma dikutip Football Italia.

Juventus mengangkat trofi Coppa Italia tiga musim terakhir, yakni 2015, 2016, 2017, dan bertekad meraih trofi keempat sekaligus mencetak sejarah sebagai tim pertama yang merengkuh empat musim beruntun. Sejauh ini, Juventus sudah mengoleksi 12 trofi dan sebagai tim paling banyak mengoleksi trofi tersebut. Di bawahnya, AS Roma dengan sembilan trofi.

Hasil lengkap kompetisi Eropa, 1 Maret 2018:

Piala FA
Tottenham Hotspur 6 - 1 Rochdale

Coppa Italia
Juventus 1 - 0 Atalanta
Lazio 0 - 0 AC Milan *

LaLiga
Athletic Bilbao 1 - 1 Valencia
Getafe 3 - 0 Deportivo La Coruna
Malaga 0 - 1 Sevilla
Atletico Madrid 4 - 0 Leganes
Eibar 1 - 0 Villarreal

Coupe de France (Piala Prancis)
Chambly 1 - 0 Strasbourg
Paris Saint Germain 3 - 0 Marseille