Kalah Adu Penalti, Timnas Gagal

Reporter: Budi Haryono 24 Agustus 2018

Beritafoto.net - Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke babak perempatfinal cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018. Mereka takluk dari Uni Emirat Arab (UAE) dalam drama adu penalti, Jumat 24 Agustus 2018.

Tampil di Stadion Wibawa Mukti, drama terjadi. Di babak pertama, Uni Emirat Arab mendapat keuntungan setelah dihadiahi penalti di menit ke-19. Zayed Al Ameri yang menjadi algojo mampu memaksimalkan kesempatan. Skor 1-0 untuk keunggulan UEA bertahan hingga turun minum. 

Memasuki babak kedua, Indonesia tampil trengginas. Mereka akhirnya mencetak gol penyeimbang di menit ke-52 melalui Alberto Goncalves yang memanfaatkan umpan dari Septian David.

Petaka bagi Indonesia, di menit ke-64, sang pengadil lapangan kembali memberikan penalti untuk tim tuan rumah. Zayed yang kembali ditunjuk sebagai eksekutor kembali mencetak gol. Skor 2-1 untuk UEA.

Beruntung untuk Indonesia, skor penyeimbang akhirnya tercipta jelang laga berakhir. Stefano Lilipaly mencetak gol di menit ke-93, skor 2-2 bertahan dan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di menit ke-114, Indonesia hampir mencetak gol kemenangan. Hargianto melakukan sepakan namun bisa diamankan oleh kiper UEA, Alshamsi.

Tidak ada gol tambahan tercipta, skor 2-2 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Drama adu penalti terjadi, Garuda Muda kalah 3-4 dari tim tamu. Dua penendang Indonesia, Septian David dan Saddil Ramdani gagal mencetak gol.

Atas hasil ini, Uni Emirat Arab melaju ke babak perempatfinal Asian Games 2018.--bi