Kadis Perikanan dan Kelautan Jatim Tersangka

Reporter: Budi Haryono 24 Juli 2017

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono ditetapkan sebagai tersangka kasus sewa lahan milik orang di Jalan Tambak Asri Surabaya.

Penyidik Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak telah menyerahkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) perkara ini ke Kejaksaan Negeri Tanjung Perak.

Kasus yang menyeret Heru Tjahjono sebagai tersangka ini mencuat setelah adannya laporan dari warga pemilik tanah yaitu Budi Hartono.

Pemilik Hartono motor tersebut melaporkan bahwa tanahnya di Jalan Tambak Asri tersebut telah disewa-sewakan ke pihak lain kepada sejumlah warga oleh Suharto dkk yang saat ini juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

Sementara pada 2008 lalu, di atas lahan bersertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 47 atas nama Budi Hartono pernah dilakukan eksekusi oleh Pengadilan Negeri Surabaya karena banyak warga mendidirikan bangunan rumah permanen.

Namun, sepanjang kurun waktu 2008 hingga 2012 lahan yang telah dikosongkan dan dipasang pagar seng oleh pengadilan tersebut kembali menuai masalah.

Sekitar 30 Kepala Keluarga (KK) kembali menempati lahan tersebut dan mendirikan sebuah bangunan permanen dengan dasar memiliki surat perjanjian dengan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim, Heru Tjahjono.

Dalam surat perjanjian itu, Heru Tjahjono yang juga mantan Bupati Tulungagung mengkalim jika sertifikat SHM Nomor 47 itu adalah lahan milik Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jatim berdasarkan surat ukur dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surabaya.

Dalam perjanjian itu, warga yang menjadi penghuni lahan itu diwajibkan membayar langsung pada bendahara penerima Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim untuk disetorkan ke rekening Kas Umum Daerah Jatim pada PT Bank Jatim dengan nomor rekening 0011000477.

Diketahui, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono ditetapkan sebagai tersangka setelah melakukan pengembangan penyidikan terhadap para tersangka lain, yaitu Suharto dkk.

“Penetapan tersangka setelah kami melakukan pengembangan penyidikan terhadap Suharto alias Pak Dos, Jaminudin Faqih dkk. Dan perkaranya sudah dinyatakan lengkap (P21) oleh Kejaksaan Negeri Tanjung Perak,” terang Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Ardian kepada lensaindonesia.com melalui telepon, Senin (24/07/2017).

Ardian menyebutkan, bahwa pihaknya sedang melakukan penyidikan terhadap Kadis perikanan dan Kelautan Heru Tjahjono. “Saat ini perkaranya sudah tahap penyidikan,” tambahnya.

Mantan Kanit Jatanras Polrestabes Surabaya ini juga menjelaskan, Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) perkara ini juga telah dikirimkan ke Kejari Tanjung Perak. “SPDP nya sudah dikirim ke Kejari Tanjung Perak beberapa hari lalu,” pungkasnya. --Li, bj