Jerman Rontok, Swedia dan Meksiko Lolos

Reporter: Budi Haryono 27 Juni 2018

katerinburge - beritafoto.net. Tim nasional Swedia merebut kemenangan tiga gol tanpa balas saat menghadapi Meksiko di pertandingan terakhir penyisihan Grup F Piala Dunia 2018, Rabu (27/6) malam.

Dalam permainan yang berlangsung di Ekaterinburg Arena di Ekaterinburg, Rusia, Swedia dan Meksiko mengakhiri paruh pertama dengan keadaan sama kuat 0-0.

Babak kedua baru berjalan lima menit, Ludwig Augustinsson membuat jala gawang El Tri jebol untuk kali pertama. Sepakan kerasnya gagal dihadang oleh Ochoa. Gol ini tercipta menyusul kesalahan yang dilakukan oleh lini pertahanan Meksiko.

Swedia menggandakan keunggulan pada menit ke-62. Tendangan 12 pas yang dieksekusi Andreas Granqvist berhasil menemui target. Hukuman penalti ini diberikan, menyusul pelanggaran di kotak penalti yang dilakukan Hector Moreno kepada Marcus Berg.

Unggul dua gol, Swedia tetap mempraktikkan permainan menyerang. Pelatih Janne Andersson menambah daya dobraknya dengan memasukkan Isaac Kiese Thelin untuk menggantikan Berg di menit 68.

Masuknya Thelin ini pun membuahkan hasil. Sundulan penyerang berusia 26 tahun itu membuat pemain Edson Alvarez harus melakukan gol bunuh diri pada menit ke-74.

Kedudukan 3-0 ini bertahan hingga wasit Nestor Pitana meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Sementara itu, di pertandingan Grup F lainnya, juara bertahan Jerman di luar dugaan rontok dan menyerah dua gol tanpa balas kepada wakil Asia, Korea Selatan. Dua gol Korsel tercipta di masa injury time melalui Young-Gwon Kim dan Heung-Min Son.

Dengan hasil-hasil tersebut, Swedia memuncaki klasemen Grup F dengan koleksi enam poin, diikuti oleh Meksiko dengan poin yang sama. Jerman, yang mengantongi tiga poin, harus menempati dasar klasemen meski memiliki poin yang sama dengan Korsel.--bi