Jepang dan Sinegal Perkasa, Mesir Tersingkir

Reporter: Budi Haryono 20 Juni 2018

St. Petersburg - beritafoto.net. Rusia berhasil mengalahkan Mesir dengan skor 3-1 di matchday kedua babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2018. Kemenangan itu membuat mereka hampir dipastikan lolos ke fase knock-out babak 16 besar.
 
Tampil di Stadion Saint Petersburg, St Petersburg, Rabu (20/6/2018) dini hari WIB Mesir kembali diperkuat Mohamed Salah yang sebelumnya absen karena cedera bahu. Sementara Rusia punya modal kepercayaan diri setelah menang besar 5-0 melawan Arab Saudi di laga perdana.

Sementara kejutan terjadi di Otkrytije Arena (Spartak Stadium) saat Senegal berhadapan dengan wakil kuat Eropa, Polandia, dalam matchday 1 Grup H Piala Dunia 2018. Di luar dugaan, pasukan Aliou Cisse mampu menghantam Polandia 2-1, Selasa 19 Juni 2018 WIB.

Polandia sebenarnya tampil dengan kekuatan penuh dalam laga ini. Akan tetapi, Robert Lewandowski cs justru berada jauh di bawah performa terbaiknya.

Semula, hampir tak ada yang menjagokan Jepang menang lawan Kolombia pada babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2018. Namun, Samurai Biru berhasil mematahkan prediksi banyak orang dengan 'keajaiban kecil' di Mordovia Arena, Selasa (19/6). Jepang menang, 2-1.

Dua bulan jelang Piala Dunia 2018, pelatih Jepang Akira Nishino berseloroh bahwa skuatnya butuh keajaiban kecil di Rusia. Sebab, ia baru ditunjuk sebagai pelatih anyar Jepang untuk menggantikan Vahid Halilhodzic yang dipecat Asosiasi Sepak Bola negara itu (JFA).

Pernyataan tersebut sempat memicu kritik bahwa tak sepantasnya seorang pelatih patah arang sebelum berperang. Namun, keajaiban kecil bagi Nishino punya makna tersendiri.

Pelatih veteran berusia 63 tahun itu adalah sosok yang pernah melahirkan keajaiban bagi Jepang U-23 di Olimpiade 1996. Negeri Matahari Terbit itu tanpa diprediksi mampu mengalahkan Brasil 1-0.--bi

Hasil pertandingan;
Jepang-kolombia, 2-1; Sinegal-Polandia, 2-1; Rusia-Mesir, 3-1