Jembatan Jalan Kartini Ditutup, Pengguna Jalan Dialihkan

Reporter: Budi Haryono 12 Maret 2018

Surabaya - beritaforo.bet. oJembatan di Jalan Kartini Surabaya ditutup karena ambles dan retak badan jalannya. Pengguna jalan dari Jalan Diponegoro dan Jalan Raya Darmo dialihkan mulai Senin (12/3) pagi.

Penutupan dilakukan setelah Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Irvan Wahjudrajat didampingi Kapolrestabes Surabaya Kombes Rudi Setiawan dan petugas Dinas PU Bina Marga mengamati langsung lokasi amblesnya jalan.

Terdapat bagian yang ambles sekitar 20 sentimeter hingga menyebabkan lubang menganga di pinggiran jembatan. Tidak hanya itu, badan aspal juga mulai terjadi retakan. Akhirnya diputuskan, Jembatan Jalan Kartini ditutup selama perbaikan.

"Pagi tadi kami sudah cek dan sekalian berkoordinasi. Jalan terpaksa ditutup sementara selama perbaikan," ujar Irvan Wahyudrajat saat dihubungi.

Irvan mengungkapkan, amblesnya Jembatan Kartini lantaran bantalan jembatan retak. Kondisi jembatan dikhawatirkan lebih parah akibat guyuran air hujan. "Amblesnya hanya satu sisi, tetapi kami tidak ambil resiko. Kalau tidak ditutup bisa membahayakan pemakai jalan,"tandasnya.

Sementara itu, Pemkot Surabaya mengaku amblesnya jembatan Kartini bukan karena tergerus air akibat hujan. Melainkan, usia jembatan yang sudah tua dan belum direnovasi.

"Bukan karena penahan tergerus air tetapi karena usia jembatannya. Karena sudah dibangun sejak 1970-an," ujar Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati.

Erna sudah mengetahu perihal kondisi Jembatan Kartini yang tak lagi prima. Maka, pihaknya mengambil tindakan dengan rencana revitalisasi pada jembatan.

"Jembatan itu sudah masuk perencanaan perbaikan peremajaan sejak 2017 dan sudah kami lelang serta sudah ada pemenang lelang. April 2018 tinggal pelaksanaan," ujar Erna.--kmp, bi