Gua Putri Tidur Itu Bakal Jadi Destinasi Wisata

Reporter: Budi Haryono 11 Juli 2018

Beritafoto.net. Drama penyelamatan tim sepak bola muda beserta pelatihnya yang terjebak di Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand, menjadi perhatian dunia. Saat ini seluruh korban telah berhasil dievakuasi, namun pengecekan kesehatan masih terus dilakukan.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha berkata bahwa Gua Tham Luang Nang Non bisa jadi destinasi wisata setelah drama berakhir.

"Lokasi ini bakal menjadi perhatian turis. Oleh karena itu kita harus memperhitungkan segi keamanannya lagi jika ramai didatangi turis," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip dari Facebook pada Rabu (11/7).

Ia pun menambahkan bahwa pemerintah sebelumnya belum bisa menyediakan fasilitas dan layanan keamanan yang baik untuk gua tersebut.

Tim sepak bola terjebak di gua hampir dua minggu akibat terowongan yang dilalui terendam air hujan.

Banjir yang meninggi dan oksigen yang menipis menjadi ancaman penyelamatan mereka.

Beruntung berkat kerja sama dari berbagai pihak mereka berhasil diselamatkan.

Pemerintah Thailand berencana untuk memperbaiki kerusakan gua pasca penyelamatan dan menjadikan area di sekitarnya sebagai taman nasional.

Gua Tham Luang Nang Non (berarti Gua Putri Tidur) berada di bawah Pegunungan Doi Nang Non yang membatasi Thailand dengan Myanmar.

Gua ini masuk dalam kawasan konservasi alam Tham Luang Forest Park.

Panjang gua ini 10,3 kilometer, kedalaman 85 meter dan ketinggian langit-langit 446 meter.

Turis diizinkan menjelajah dalam satu kilometer pertama, bersama pemandu, sepanjang bulan November sampai Juni.

Dari keterangan warga setempat, gua ini cukup populer dikunjungi turis mancanegara yang hobi menjelajah.

Pada kilometer pertama terdapat formasi batuan besar pada bagian atas, menciptakan atmosfer mirip gedung ampiteater.

Deputi Direktur Umum Departemen Taman Nasional, Alam Liar dan Konservasi Tanaman, Jongklai Worapongsathorn, menyampaikan bahwa pihaknya bakal membenahi segi keamanan sebelum gua dibuka menjadi destinasi wisata.

Salah satu fasilitas keamanan yang bakal dipasang ialah papan informasi cara menyelamatkan diri jika terjadi bencana di dalam gua.--cn, bi