Gara-gara Tumpahan Minyak, Dirut Pertamina Dicopot

Reporter: Budi Haryono 20 April 2018

Jakarta - beritafoto.net. PT Pertamina kembali melakukan perombakan terhadap jajaran direksinya. Elia Massa Manik pun dicopot dari posisinya sebagai Direktur Utama.

Perombakan ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Pertamina, yang digelar siang ini, 20 April 2018. Keputusan ini disampaikan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno.

Ia memaparkan, selain mencopot direktur utama, RUPSLB juga mengganti Direktur Mega Proyek, Direktur Pengolahan, Direktur Aset, dan satu lagi Direktur Pemasaran Korporat.

"Karena perkembangan kondisi terakhir, seperti kecelakaan di Balikpapan, bahan bakar minyak. Komisaris sudah lakukan kajian komprehensip selama satu bulan. Oleh karena itu, pergantian ini bisa proyek kilang, holding, pelayanan kepada masyarakat. Sudah (Elia) diberhentikan dengan hormat," ujar Fajar di Gedung BUMN, 20 April 2018.

Berdasarkan RUPSLB tersebut, maka jajaran direksi PT Pertamina yang baru yakni Budi Santoso Syarif sebagai Direktur Pengolahan, Basuk Trikora Putra sebagai Direktur Pemasaran Korporat, dan Masud Hamid sebagai Direktur Pemasaran Retail.

Kemudian M. Haryo Junianto sebagai Direktur Manajemen Aset, Heru Setiawan sebagai Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia, Gandhi Sriwidjojo sebagai Direktur Infrastruktur, dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Nicke Widyawati sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut.--vv, bi