Dovi Juara di Sirkuit Losail

Reporter: Budi Haryono 19 Maret 2018

Qatar - beritafoto.net. Pembalap tim Ducati, Andrea Dovizioso menjuarai seri pembuka MotoGP 2018 di Sirkuit Losail, Qatar. Dovi mendapatkan persaingan ketat dari juara bertahan Marc Marquez yang mengendarai motor Honda.

Balapan yang berlangsung pada Ahad malam 18 Maret 2018 itu sebenarnya didominasi oleh pembalap tim Yamaha Monter Tech 3, Johhan Zarco. Pembalap asal Prancis tersebut memimpin balapan hingga 16 dari 22 putaran.

Persaingan di belakang Zarco berlangsung sengit. Pada putaran-putaran awal, Marquez yang berada di posisi kedua praktis tak mendapat tekanan berarti karena rekan setimnya, Dani Pedrosa, berada di posisi ketiga.

Pada putaran kedua, Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi kedelapan menyalip Pedrosa dan mulai mengancam Marquez. Si Doktor, julukan Rossi, bahkan sempat menyalip Marquez pada putaran keenam. Beberapa putaran setelahnya giliran Dovi yang memulai balapan dari posisi kelima menyalip Marquez dan meraih posisi keempat.

Mengendarai Ducati Desmosedici GP18, Dovi lantas menyalip Rossi dan mulai menguntit Zarco yang berada di depan. Persaingan sempat terjadi antara Dovi dan Marquez yang berhasil ikut menyalip Rossi.

Dovi sangat diunggulkan dengan kecepatan puncak yang dimiliki motornya. Dia menyalip Zarco di lintasan lurus pada enam putaran terakhir. Setelah disalip Dovi, Zarco pun tampak kehabisan energi dan finish di posisi kedelapan.

Drama antara Dovi dan Marquez berlangsung hingga tikungan terakhir seri MotoGP Qatar tersebut. Marquez yang sempat menyalip Dovi di tikungan terakhir tak bisa mempertahankan posisinya dan harus menyerah di lintasan lurus menuju garis finish. Dovi pun merebut gelar juara sementara Marquez dan Valentino Rossi harus puas di posisi kedua dan ketiga.--bi

Berikut Hasil balapan seri MotoGP Qatar:
1.Andrea Dovizioso - ITA - Ducati Team (GP18) - 42m 34.654s
2.Marc Marquez - ESP - Repsol Honda (RC213V) - 42m 34.681s
3.Valentino Rossi - ITA - Movistar Yamaha (YZR-M1) - 42m 35.451s
4.Cal Crutchlow - GBR - LCR Honda (RC213V) - 42m 37.535s
5.Danilo Petrucci - ITA - Pramac Ducati (GP18) - 42m 38.475s
6.Maverick Viñales - ESP - Movistar Yamaha (YZR-M1) - 42m 38.542s