City Akui Keunggulan Liverpool

Reporter: Budi Haryono 11 April 2018

Manchester - beritafoto.net. Manchester City yang sempat unggul terlebih dahulu harus mengakui keunggulan Liverpool FC dengan skor 1-2 dalam laga leg 2 babak perempat final Liga Champions 2017-2018 di Stadion Etihad, Manchester, pada Selasa (10/4/2018) atau Rabu dini hari WIB.

Manchester City yang berada dalam posisi tertinggal 0-3 akibat hasil pada pertemuan pertama berhasil memberikan harapan kepada fan yang memadati Stadion Etihad dengan mencetak gol cepat.

Saat laga baru memasuki menit kedua, Manchester City sudah berhasil unggul di laga ini berkat gol Gabriel Jesus.

Berawal dari kesalahan bek Liverpool, Virgil van Dijk, dalam melakukan clearance, bola berhasil dipotong Bernardo Silva.

Dalam kondisi serangan balik, bola pun berhasil diberikan kepada Raheem Sterling sebelum diteruskan ke Gabriel Jesusyang berdiri di depan gawang Liverpool tanpa kawalan dan sukses menaklukan kiper Loris Karius dengan satu sentuhan.

Gol cepat ini membuat para pemain Manchester City semakin terbakar dan melancarkan serangan secara bertubi-tubi.

Beberapa peluang melalui Kevin De Bruyne, Leroy Sane, dan Bernardo Silva dalam 30 menit pertama.

Namun, hanya ada dua peluang di antaranya yang tepat sasaran dan masih mampu diamankan Karius.

Pada menit ke-42, Manchester City sempat berhasil memperbesar kedudukan melalui Leroy Sane setelah menerima bola dari Gabriel Jesus.

Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit Antonio Mateu karena menilai Sane sudah terlebih dahulu berada di posisi off-side.

Beberapa saat kemudian, Manchester City hampir berhasil menggandakan kedudukan melalui sepakan keras Bernardo Silva, tetapi bola hanya menerpa tiang gawang.

Pada babak kedua, Manchester City yang membutuhkan tambahan dua gol justru tampil semakin berantakan.

Mampu menciptakan banyak peluang, Manchester City tak kunjung mampu mencetak gol tambahan. Bahkan The Citizens tak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran di 45 menit kedua!

Justru Liverpool yang sukses membalikkan keadaan hanya melalui dua tembakan tepat sasaran mereka di babak kedua.

Gol pertama Liverpool berhasil dicetak oleh Mohamed Salah pada menit ke-56.

Berawal dari akselerasi Sadio Mane yang sukses melewati dua bek Manchester City, bola berhasil diamankan oleh Ederson.

Namun, Mohamed Salah kembali berada di posisi yang tepat seperti di laga pertama dan sukses mencetak gol dengan sebuah sepakan sederhana.

Sedangkan gol kedua berhasil dicetak oleh Roberto Firmino pada menit ke-77.

Bintang Liverpool Mohamed Salah menilai tidak mudah bagi timnya menundukkan Manchester City. Armada the Reds melaju ke semifinal Liga Champions usai menyingkirkan City, Rabu (11/4).

Setelah menang 3-0 pada leg pertama di Anfield, skuat Merseyde Merah kembali berjaya. Pada leg kedua di markas lawan, Salah dan rekan-rekan unggul tipis 2-1.

Dengan demikian, Liverpool memenangi duel dengan agregat 5-1. "City menekan dengan sangat tinggi dan mereka menciptakan banyak peluang. Tetapi kami kembali dan bekerja keras. Kemenangan ini pantas kami dapatkan," kata penggawa tim nasional Mesir mengutip dari laman UEFA, Rabu.

Pada laga di Etihad, Salah turut menyumbang gol. Sejauh musim ini berjalan, eks AS Roma itu 39 kali membobol gawang lawan dalam 43 laga di berbagai ajang. "Saya mencoba bermain untuk tim dan mencetak gol di setiap pertandingan. Itu hal terpenting untuk saya," ujarnya.

Jagoan Liverpool lainnya, Sadio Mane mengakui hasil ini menaikkan kepercayaan diri the Reds. Namun, Mane enggan sesumbar mengenai perjalanan Liverpool selanjutnya. "Terlalu dini berbicara menuju final," kata pesepak bola kelahiran 10 April 1992 ini.--sd, bi