Bekuk Jepang, Belgia-Brasil

Reporter: Budi Haryono 03 Juli 2018

Rostov On Don - Tim nasional Belgia harus menunggu hingga penghujung pertandingan melawan Jepang guna memastikan diri lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Bermain sangat disiplin, Samurai Biru memaksa salah satu tim unggulan itu tak mampu mengembangkan permainan. Alhasil, kedua tim bermain sama kuat hingga wasit asal Senegal, Malang Diedhiou meniupkan peluit panjang babak pertama.

Bertanding di Stadion Rostov Arena, Rostov-on-Don, Rusia, Selasa (3/7) dini hari WIB, Belgia justru harus tertinggal hingga dua gol terlebih dahulu di awal babak kedua.

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Genki Haraguchi berhasil mengoyak gawang Belgia yang dikawal Thibaut Courtois. Thomas Meunier yang mencoba melakukan kerjasama dengan Dries Mertens berhasil dicuri Yuto Nagatomo. Dari serangan balik itu, Jepang pun berhasil mencuri gol.

Empat menit kemudian, tim besutan Akira Nishino menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Takashi Inui yang menyarangkan bola ke dalam gawang Belgia.

Lini pertahanan Belgia yang tidak menutup pergerakan Inui, membuat pemain bernomor punggung 14 itu bebas melepaskan tembakan jarak jauh yang gagal dibendung Courtois.

Tertinggal dua gol tidak membuat Belgia kehilangan semangat. Bek mereka, Jan Vertonghen membuat rasa kepercayaan diri skuat Belgia kembali bangkit. Seperti berbau keberuntungan, sundulan Vertenghon yang tampaknya bermaksud memberikan umpan ke depan gawang Jepang, justru menerobos masuk kegawang Eiji Kawashima pada menit ke-69.

Lima menit berselang, pemain pengganti, Marouane Fellaini membuat gawang Kasashima kembali bergetar sekaligus menyamakan keadaan. Umpan silang Eden Hazard berhasil disundul Fellaini hingga membobol gawang Jepang untuk kali kedua.

Berawal dari serangan balik di pengujung laga, Kevin De Bruyne mengirimkan bola kepada Thomas Meunier yang dilanjutkan dengan umpan silang ke depan gawang.

Para pemain bertahan Jepang fokus mengawal Romelu Lukaku, namun mereka terkecoh, karena Lukaku membiarkan bola melewatinya. Nacer Chadli yang sedikit bebas tanpa kawalan langsung menyambutnya dengan kaki kiri.

Kemenangan dramatis Belgia ini pun mengantarnya menuju ke pertandingan perempat final melawan Brasil, yang di pertandingan sebelumnya menyisihkan Meksiko dengan dua gol tanpa balas.--bi