BBM Tak Naik Sampai Lebaran, Setelah Itu?

Reporter: Budi Haryono 08 Juni 2018

Jakarta - beritafoto.net. PT Pertamina (Persero) memastikan tidak ada kenaikan harga BBM jenis umum dalam waktu dekat. Padahal, beberapa badan usaha swasta telah menaikkan harga seiring terkereknya harga minyak dunia.

Plt. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan akan fokus pada pelaksanaan mudik lebaran terlebih dahulu. Khususnya, penyediaan kembali premium di wilayah Jawa, Madura, dan Bali.

"Nantilah setelah lebaran, pokoknya pada mudik dulu deh," kata Nicke di kantor Kementerian ESDM, Jumat (8/6/2018).

Ketika ditanya tentang beban perusahaan di tengah peningkatan harga minyak, Nicke mengatakan akan memikirkan cara untuk mengatasi hal itu. Salah satunya dengan cara melakukan sharedown di blok migas yang diterima dari pemerintah.

Terkait usulan DPR untuk memberi subsidi pertamax dan pertalite agar penggunaan premium dapat berkurang, Nicke tidak berkomentar banyak. Sebagai BUMN, Pertamina akan menunggu kebijakan yang ada.

Usulan tersebut, tengah dibahas oleh Kementerian ESDM. "Kami catat. Kebijakan itu kan pemerintah, kami ikut saja. Kami menunggu. Kebijakan seperti apa, kami jalankan," tutur Nicke.--cnbc, bi