Apartemen Jadi Pilihan Mahasiswa

Reporter: Budi Haryono 12 Juli 2017

BANYAK apartemen ditawarkan untuk mahasiswa, lokasi dekat kampus dan fasilitas lengkap menjadi pilihan gaya hidup hunian baru. Selain itu mahasiswa bisa membeli apartemen dengan mencicil.

Ada pergeseran, gaya hidup mahasiswa cenderung memilih apartemen dari pada kos-kosan atau asrama. Saat ini sepertinya memilih tempat hunian berupa apartemen ialah pilihan yang bijak.

Tidak mengherankan apabila tinggal di apartemen, kini sudah menjadi tren gaya hidup, terutama di wilayah perkotaan. Namun gaya hidup tinggal di apartemen tidak hanya menyasar kalangan pekerja kantoran yang tinggal di pusat kota, tetapi juga kalangan mahasiswa.

Apa yang membuat mahasiswa memilih apartemen sebagai tempat hunian padalah harganya cukup mahal. Alasan yang pertama adalah Apartemen mampu menyediakan banyak fasilitas seperti gimnasium, kolam renang, pusat belanja, dan ruang belajar lebih nyaman.

Fasilitas tersebut tidak mereka dapatkan di tempat kos ataupun asrama. Mahasiswa sekarang berbeda dengan mahasiswa zaman dulu, daya beli dan kemampuan finansial mereka meningkat.

Selain itu pengembang apartemen tak segan memberikan eksta insentif agar menarik pembeli potensial dengan skema cicilan lebih lama, mahasiswa dapat memanfaatkan Kredit pemilikan apartemen (KPA). Fasilitas cicilan yang diberikan pengembang bisa hingga 100 bulan.

Ketimbang sewa kamar senilai Rp 1,5 juta-Rp 2 juta per-bulan, lebih baik dialihkan untuk mencicil apartemen, di mana 10 atau 15 tahun kemudian bisa menjadi hak milik dan dijadikan instrumen investasi dengan disewakan kembali

Beberapa daerah seperti Surabaya, Jogja, Bandung dan Depok banyak bermunculan apartemen yang khusus bagi segmen pasar mahasiswa. --bi